Trik Mudah Mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan, bulan ramadhan tentu mejadi bulan yang sangat istimewa untuk umat muslim di seluruh dunia, di bulan ramadhan sangat banyak sekali keberkahan yang bisa didapat, di bulan inilah di turunkannya kitab suci umat Islam yakni Al-Qur’an, dengan demikian banyak sekali orang berlomba-lomba dalam mencari dan megumpulkan kebaikan, salah satunya dengan menghatamkan Al-Qur’an selama bulan ramadhan.

Kapan terakhir kali kita membaca Al-Qur’an ?

Sehari, seminggu, sebulan, setahun, atau dulu zaman masih SD.

Berapa kali kita khatam membaca Al-Qur’an ?

Sekali, 2, 3 atau tidak pernah, bahkan dalam bulan Ramadhanpun Al-Qur’an selalu terlupakan ??!!

Sungguh realita kehidupan muslim sekarang ini, jangankan berpikir untuk membaca sampai khatam, membacanya saja kebanyakan kaum muslimin sudah lupa, maka tak heran kita dibuat terheran-heran melihat seorang muslim tapi bukan seperti muslim.
Terus apakah kita sanggup membaca khatam Al-Qur’an dalam satu bulan, yang baru lihat saja mata kita sudah berat sekali, sampai-sampai lidah yang fasih tak kenal lelah bicara dunia, tiba-tiba kelu, kaku.

Namun tenang saja, karena di artikel ini akan dibahas tips mudah dalam menghatamkan Al-Qur’an dibulan ramadhan. Ala bisa karena ada kemauan.
Coba luangkan waktu kita sejenak dari yang Allah beri 24 jam untuk kita, yang perlu kita lakukan adalah luangkan waktu anda rutin setiap habis sholat wajib 5 waktu membaca 2 lembar Al-Qur’an, dan paling lama kita baca 10-15 menit.

Kenapa bisa begitu? Coba anda perhatikan kempat hal ini !

  1. Di dalam Al-Qur’an Terdiri dari 30 Jus
  2. Tiap Jus Terdiri dari 10 Lembar
  3. Sholat Wajib Terdiri dari 5 Waktu
  4. Satu Bulan Berjumlah 30 Hari

Jika Anda melakukan sholat 5 waktu, usahakan membaca Al-Qur’an sebanyak 2 lembar setelah sholat wajib. Jadi Jumlah bacaan Al-Qur’an yang telah Anda baca selama sehari adalah 10 lembar. Berikut perinciannya.

  • Subuh : 2 Lembar
  • Dzuhur : 2 Lembar
  • Ashar : 2 Lembar
  • Magrib : 2 Lembar
  • Isya’ : 2 Lembar

Total bacaan selama sholat 5 Waktu (satu hari) adalah 10 lembar atau setara dengan 1 Jus dalam Al-Qur’an. Karena di dalam Al-Qur’an terdapat 30 jus dan satu bulan terdapat 30 hari. InsyaAllah jika Anda melakukan hal di atas anda pun akan mudah mengkhatamkan Al-Qur’an selama sebulan penuh di bulan Ramadhan. Tentu hal di atas merupakan rutinitas yang harus dikerjakan secara berkesinambungan, agar tujuan mengkhatamkan Al-Qur’an tercapai.

Bagi yang memiliki kesibukan dan tidak dapat meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an pada salah satu waktu sholat tersebut, anda dapat menggantinya setelah sholat taraweh atau menjelang imsak. Cara ini juga berlaku untuk mengkhatamkan Al-Quran di luar bulan Ramadhan selama sebulan penuh. Selamat Mencoba !!

12 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat puasa. Pada saat bulan Ramadhan khususnya, umat muslim diharuskan untuk melakukan ibadah puasa sesuai dengan syariat Islam. Manfaat puasa sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena puasa dikaitkan dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari dalam tubuh. Terlebih apabila berpuasa di bulan Ramadhan yang dilakukan selama 1 bulan penuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Berikut manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

 

Manfaat Puasa

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang bagik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Penurunan berat badan pada saat berpuasa merupakan salah satu manfaat puasa. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

  1. Dapat berpikir lebih tajam dan lebih kreatif

Puasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan melambat, menurut sebuah penelitian pikiran yang melambat dapat membuatnya bekerja lebih tajam. Rasa lapar ketika berpuasa merupakan masalah yang wajar apabila rasa lapar memaksa untuk berpikiran lebih tajam dan lebih kreatif.

  1. Mengurangi kebiasaan buruk

Berpuasa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan buruk. Selama kegiatan berpuasa dapat menghentikan kebiasaan seperti merokok dan makan makanan yang manis.

  1. Mengontrol berat badan

Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Tidak perlu melakukan diet yang berlebih untuk menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan yang sehat selama berpuasa.

  1. Menyehatkan ginjal

Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

  1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk atau mendetoksifikasi. Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.

  1. Mencegah diabetes

Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan kegiatan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

  1. Menyerap banyak nutrisi

Metabolisme akan menjadi lebih efisien ketika berpuasa. Metabolisme yang efesien berarti jumlah nutrisi yang akan diserap dari makanan menjadi semakin besar. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon adiponectin yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dengan sahur, sehingga memungkinkan untuk menyerap lebih banyak nutrisi.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada saat berpuasa, tubuh akan lemas yang menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus.

  1. Mengatasi sakit sendi atau encok

Dengan berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang pada akhirnya akan membuat sakit encok sedikit demi sedikit menuju kesembuhan. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral atau pembasmi bakteri dengan membaiknya radang sendi atau penyebab encok itu sendiri.

Itulah 12 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Dengan berpuasa di bulan Ramadhan atau pada hari Senin dan Kamis, maka tubuh kita pun akan menjadi lebih sehat.